Metrics

  • visibility 0 views
  • get_app 0 downloads

PENGARUH KEAKTIFAN BERTANYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI MADARASAH RAUDLATUL ULUM KLAMPIS BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Hoiriyah Hoiriyah
Published 18 January 2020

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia peserta didik, dengan cara mendorong dan memfasilitasi kegiatan belajar mereka. Dalam hal ini, tentu saja diperlukan adanya pendidik yang profesional terutama guru di sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan dosen diperguruan tinggi. Dapat dikatakan bahwa siswa yang aktif bertanya dalam proses belajar mengajar memungkinkan memiliki prestasi yang lebih baik dari siswa yang kurang aktif bertanya. Karna dengan bertanya siswa akan dapat menggali lebih banyak informasi dan dapat membantu siswa menyelesaikan permasalahan dalam belajar.

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Adakah Pengaruh Keaktifan Belajar PAI terhadap Prestasi Belajar PAI Kelas X di Madrasah Raudlatul Ulum Klampis Bangkalan Tahun Pelajaran 2019-2020, (2) Seberapa Besar Pengaruh Pengaruh Keaktifan Belajar PAI terhadap Prestasi Belajar PAI Kelas X di Madrasah Raudlatul Ulum Klampis Bnagkalan Tahun Pelajaran 2019-2020, sedangkan populasi yang digunakan berjumlah 20 siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan dengan menggunakan populasi 20 siswa. Teknik pengumpulan datanya untuk mengetahui hubungan antara variabel X dan variable Y, peneliti menggunakan rumus product moment yang kemudian hasilnya di konsultasikan pada tabel product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh antara Keaktifan Belajar PAI terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Raudlatul Ulum Klampis Bangkalan. Terbukti hasil dari rumus Product Moment r hitung adalah 0,864 Kemudian dikonsultasikan pada r tabel Product Moment pada taraf signifikasi 5 % = 0,444 dan taraf signifikasi 1 % = 0,561 ternyata pada taraf signifikasi 5 dan 1 % r hitung lebih besar daripada r tabel. Jadi hipotesis kerja diterima sedangkan hipotesis nol ditolak. sedangkan Besar Tingkat pengaruh tersebut termasuk kategori sedang atau cukupnya Terbukti berdasarkan hasil rumus Product Moment, menunjukkan nilai 0,864 setelah dikonsultasikan ternyata berada di antara 0,70 – 0,90. yang menyatakan antara variabel X atau variabel Y terdapat korelasi yang “sangat kuat dan tinggi”. Jadi kesimpulan yang dapat ditarik adalah Ada Pengaruh antara Keaktifan Bertanya terhadap Prestasi Belajar PAI Kelas X di MA raudlatul Ulum Klampis Bangkalan.

Full text

 

Metrics

  • visibility 0 views
  • get_app 0 downloads